Anchort Text dan URL Tujuan Terbaik

Harusnya kamu udah paham apa itu anchor text. Jika belum, bisa baca di artikel ini.

URL tujuan yang kami maksud di judul adalah setelah anchor text di-klik, dia akan ngarah ke link mana, homepage kah, atau halaman tertentu kah.

Cukup jelas ya.

Nah asumsi kami sekarang kamu sudah paham dengan topik tulisan ini.

7 Jenis Anchor Text menurut Semrush

Semrush mengkategorikan anchor text menjadi 7 macam: money, compound, branded, organic, other, naked, dan empty.

Kita akan bahas satu-satu.

Money & Compound

Money dan compound itu jenis anchor text yang dianggap berbahaya, bahasanya Semrush potentially dangerous. Tulisannya jenis anchornya di-warna merah-in dan nilai toxicity-nya tinggi.

Anchor text ini biasanya langsung nyambung sama bisnis kamu.

Let say kamu punya bisnis kursi gaming. Nah, jika kamu bikin backlink dengan anchor text “kursi gaming”, “jual kursi gaming”, dst, maka oleh Semrush anchor text-anchor text ini akan dianggap masuk ke kategori money / compound dan backlinknya dianggap toxic.

Nilai toxicity ini antara 0 hingga 100.

Branded

Ya.. branded, anchor textnya berupa nama brand atau nama domain.

Misal kamu punya website ucuimoet.com. Lalu kamu bikin backlink dengan backlink “ucuimoet” atau “ucuimoet.com”.

Nah kedua anchor text tersebut oleh Semrush dianggap anchor text yang baik. Tulisan jenis anchornya warna hijau, dan nilai toxicity-nya rendah.

Organic

Anchor text organic kayak “klik di sini”, “kunjungi’, dll

Naked

Anchor naked kayak https://ucuimoet.com, url-nya jadi anchor.

Empty

Ini gak ada anchor textnya, misal link yang dipasang di gambar.

Other

Ini jenis anchor yang random, nggak gitu nyambung sama domain atau keywordnya. Misal untuk contoh ucuimoet.com, anchornya “toko”, “blog”, “website”, dll

Lalu, anchor text mana yang paling baik?

Kami akan jawab based on experience kami sebagai penyedia jasa backlink sejak 2018.

Secara umum, jika kami perhatikan, client yang pesanannya begini akan merasakan:

  • kenaikan ranking untuk keyword-keyword yang dia kejar
  • kenaikan trafik ke halaman-halaman di websitenya

Dan yang paling menyenangkan, para client kami ini suka repeat order. Alhamdulillah.

Para client kami ini hampir selalu pesan backlink dengan anchor text brand name / domain name, dengan URL tujuan halaman utama / homepage.

Jadi, apakah keterangan dari Semrush ini tepat?

Semrush itu tool, sama kayak Ahrefs, Moz, dll. Setiap tool ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Keterangan dari Semrush ini boleh jadi memang benar, boleh jadi tidak.

Tapi temuan kami mengarah ke “iya”.

Namun yang lebih penting sebenarnya bukan “pendapat” si Semrush, yang lebih penting itu maunya si Google gimana, which is dalam hal ini, kita cuma bisa menerka-nerka saja.

Pushrank tidak Menjanjikan Apapun

Jika kamu nanya anchor text yang bagus seperti apa, maka jawaban kami seperti di atas, anchornya pake brand atau domain name, link tujuannya ke homepage.

Namun, jika selama ini kamu pake anchor itu terus, jadi gak bagus juga.

Anchor text itu juga harus variatif, gak boleh itu-itu aja, nggak natural.

Jika pesan backlink dengan anchor dan link tujuan seperti di atas, pasti naik ranking dan trafik?

Nggak!

Ada satu hal yang tidak kami sebutkan di atas, bahwa para client kami yang repeat order – repeat order itu, semuanya melakukan SEO Onpage dengan baik.

Jika onpage kamu jelek, ya tetep saja hasilnya jelek.

SEO itu faktornya ada banyak, backlink cuma salah satu. Pushrank tidak pernah menjanjikan adanya kenaikan ranking dan trafik.

 

Leave a Comment